Selamat Datang

Selamat Datang
Kasih Sayang Kunci Sukses
Cindejiwiyata Selamat Datang dan bergabung pada referensi blogspot kami. Sumbangkan saran dan Bantuan yang normatif demi kemajuan kami Mohon Maaf bila ada penyimpangan dan menimbulkan kerugian pada pribadi

Selasa, 19 Juli 2011

KEPRAMUKAAN SEBAGAI PENDIDIKAN PROGRESIF KARAKTERISTIK SEPANJANG HAYAT

KEPRAMUKAAN SEBAGAI PENDIDIKAN PROGRESIF KARAKTERISTIK SEPANJANG HAYAT.
Artikel Oleh: Kak Estu Tentrem, M.Pd

Salam Pramuka !

Pendidikan dalam Gerakan Pramuka dilaksanakan lewat Kepramukaan.Kepramukaan merupakan proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuaka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan yang sasaran akhirnya pembentukan watak. Dalam arti luas pendidikan Gerakan Pramuka adalah suatu proses pembinaan sepanjang hayat yang berkesinambungan
Pendidikan dalam Gerakan Pramuka ( Kepramukaan ) bertujuan agar peserta didik timbul kesadaran bahwa :
1. Terjadinya peningkatan kwalitas diri:
a. Peningkatan mental / spiritual,moral, fisik, intelektual mosiaonal dan sosial.
b. Proses pendidikan tidak sama dengan proses pengajaran.
c. Peserta didik sebagai subyek
2. Kepramukaan merupakan :
a. Proses kegiatan belajar sendiri yang progresif ( maju dan meningkat ) bagi kaum muda untuk mengembangkan diri pribadi seutuhnya.
b. Sistem pembinaan dan pengembangan sumber daya (potensi) kaum muda agar menjadi warga negara yang berkualitas.
3. Pendidikan sepanjang hayat :
a. Pelengkap pendidikan di sekolah dan di keluarga, harus mampu mewadahi dan mengisi kebutuhan peserta didik.
b. Peserta didik saling bertukar pendapat, pengetahuan, pengalaman dan ketrampilan secara terus menerus dan berkesinambungan.
c. Kepramukaan mengembangkan pengetahuan yang telah dimiliki peserta didik.
d. Mengembangkan minat untuk mendapat temuan-temuan pengembangan kreatifitas dalam bidang teknologi maupun sosial budaya
Kesadara bahwa Kepramukaan sebagai proses pendidikan dalam bentuk kegiatanL:
 kreatif,
 rekreatif yang edukatif.
Oleh karena itu harus dirasakan peserta didik sebagai sesuatu yang menyenangkan, menarik, tidak menjemukan dan tidak ada paksaan dalam bergiat sehingga terdapat unsur – unsur Kepramukaan.
Unsur-unsur tersebut di antaranya:
a. Peserta didik sebagai subyek kegiatan
b. Program kegiatan peserta didik
c. Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan
d. Kode kehormatan Pramuka
e. Masyarakat
f. Alam terbuka
Kepramukaan adalah suatu gerakan / proses / aktivitas yang dinamis dan selalu bergerak maju . Kepramukaan sebagai proses pendidikan dalam bentuk kegiatan bagi kaum muda dimanapun dan kapanpun selalu berubah sesuai kebutuhan masyarakat setempat. Anggota dewasa selain beribadah juga menghadapi tantangan dalam membina interaksi dan saling pengertian dengan kaum muda.
Salam Pramuka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar