Selamat Datang

Selamat Datang
Kasih Sayang Kunci Sukses
Cindejiwiyata Selamat Datang dan bergabung pada referensi blogspot kami. Sumbangkan saran dan Bantuan yang normatif demi kemajuan kami Mohon Maaf bila ada penyimpangan dan menimbulkan kerugian pada pribadi

Rabu, 07 Desember 2011

PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU




PAKET PELATIHAN PK GURU DAN PKB
UNTUK MASTER TRAINER, TRAINER DAN PENILAI

KEGIATAN 7:
PENGGUNAAN INDIKATOR KINERJA GURU DAN
PENILAIAN KOMPETENSI


NAMA : __________
NO PESERTA : __________
INSTANSI : __________


KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN
DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN 2011
Kegiatan 7: Penggunaan Indikator Kinerja Guru

Tujuan: Peserta mampu membandingkan data hasil pengamatan dan/atau pemantauan dengan indikator pada kompetensi 6

Bahan: Satu video pembelajaran (Segmen 1 dan 2 pembelajaran Bahasa Inggris yang dilakukan di SMPN 28 Bandung oleh Elis Rosdiawati,M.Pd.); lembar kerja, lembar evaluasi dan laporan (versi lengkap).
(RPP tidak diperlukan karena tidak digunakan dalam penilaian di Kompetensi 6)

Waktu: 2 x 45 menit

Kegiatan: Latihan ini difokuskan untuk melakukan penilaian pada Kompetensi 6
Petunjuk Kegiatan Peserta:
1. Bacalah pernyataan kompetensi 6 (deskripsi, indikator, dan proses penilaian) yang ada dalam Buku 2 Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PK Guru).
2. Simaklah contoh proses pembelajaran yang ada dalam video segmen 1 dan buatlah deskripsi/catatan proses pembelajaran yang diamati secara individu.
3. Diskusikan dalam kelompok hasil pengamatan yang diperoleh dan tentukan fakta-fakta yang mendukung bukti penilaian setiap indikator pada kompetensi 6.
4. Sampaikanlah data hasil diskusi kelompok yang telah dideskripsikan di depan forum kemudian didiskusikan untuk menentukan apakah informasi yang diperoleh sudah cukup untuk melakukan penilaian dari seluruh indikator atau belum.
5. Simaklah segmen 2 yang merupakan kelanjutan dari segmen 1 dan buatlah deskripsi sesuai dengan yang Anda lihat/amati.
6. Diskusikan dalam forum untuk memilih fakta-fakta yang mendukung/memperkuat hasil pengamatan pada segmen 1.
7. Diskusikan dalam kelompok untuk membandingkan fakta-fakta hasil pengamatan dari segmen 1 dan 2 (yang sudah diberi nomor urut) dengan indikator dan membandingkan catatan-catatan dengan memperhatikan: a) tingkat kepentingan setiap rincian catatan; b) kecocokan antara catatan-catatan tersebut, indikatornya, dan skor yang mungkin akan diberikan untuk setiap indikator. Untuk kegiatan ini gunakan format lembar pembanding yang telah disediakan.

Petunjuk Kegiatan Fasilitator:
1. Memberi kesempatan kepada peserta untuk membaca/menyimak pernyataan kompetensi 6 (deskripsi, indikator, dan proses penilaian) yang ada dalam Buku 2 Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PK Guru). (10 menit)
2. Memutar video segmen 1 (6 menit)
3. Memberikan kesempatan kepada peserta untuk mendiskusikan dalam kelompok hasil pengamatan yang diperoleh secara individu. (15 menit)
4. Mengoleksi data hasil pengamatan dari setiap kelompok (ditayangkan) dan menetapkan kesesuaian fakta-fakta terhadap indikator.
5. Membantu peserta untuk membandingkan fakta yang diperoleh dengan setiap indikator kompetensi 6 dan menetapkan kecukupan fakta yang mendukung penilaian setiap indikator kompetensi 6.
6. Memutar video segmen 2 (5 menit)
7. Memberikan kesempatan kepada peserta untuk mendiskusikan dalam kelompok hasil pengamatan yang diperoleh secara individu. (15 menit)
8. Membantu peserta dalam diskusi kelas untuk memilih fakta-fakta yang mendukung/memperkuat hasil pengamatan pada segmen 1.
9. Membantu peserta dalam diskusi kelas untuk membandingkan fakta-fakta hasil pengamatan dari segmen 1 dan 2 dengan indikator.

Catat Kegiatan Selama Pengamatan untuk Kegiatan 3.
Tanggal :-------------
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa :
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan:
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
....
....
....

Tindak lanjut yang diperlukan: Tulis yang diperlukan dalam penyelesaian

LEMBAR PEMBANDING HASIL PENGAMATAN DAN INDIKATOR KOMPETENSI 6
Indikator No Pengamatan Deskripsikan Alasan Pemberian Skor Skor
0 1 2
1. Guru menggunakan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman dan menjaga partisipasi peserta didik, termasuk memberikan pertanyaan terbuka yang menuntut peserta didik untuk menjawab dengan ide dan pengetahuan mereka.

2. Guru memberikan perhatian dan mendengarkan semua pertanyaan dan respon peserta didik, tanpa menginterupsi, kecuali jika diperlukan untuk membantu atau mengklarifikasi pertanyaan/respon tersebut.

3. Guru merespon pertanyaan peserta didik secara tepat, benar, dan mutakhir, sesuai tujuan pembelajaran dan isi kurikulum, tanpa mempermalukannya.

4. Guru menyajikan kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan kerja sama yang baik antar peserta didik.

5. Guru mendengarkan dan memberikan perhatian terhadap semua jawaban peserta didik baik yang benar maupun yang dianggap salah untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik.

6. Guru memberikan perhatian terhadap pertanyaan peserta didik dan meresponnya secara lengkap dan relevan untuk menghilangkan kebingungan pada peserta didik.

Jika sudah sesuai pindahkan skor pada Penilaian untuk Kompetensi 6: Komunikasi dengan peserta didik

Penilaian untuk Kompetensi 6: Komunikasi dengan peserta didik

Indikator Skor
Tidak ada bukti (Tidak terpenuhi) Terpenuhi sebagian Terpenuhi
Seluruhnya
7. Guru menggunakan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman dan menjaga partisipasi peserta didik, termasuk memberikan pertanyaan terbuka yang menuntut peserta didik untuk menjawab dengan ide dan pengetahuan mereka. 0 1 2
8. Guru memberikan perhatian dan mendengarkan semua pertanyaan dan respon peserta didik, tanpa menginterupsi, kecuali jika diperlukan untuk membantu atau mengklarifikasi pertanyaan/respon tersebut. 0 1 2
9. Guru merespon pertanyaan peserta didik secara tepat, benar, dan mutakhir, sesuai tujuan pembelajaran dan isi kurikulum, tanpa mempermalukannya. 0 1 2
10. Guru menyajikan kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan kerja sama yang baik antar peserta didik. 0 1 2
11. Guru mendengarkan dan memberikan perhatian terhadap semua jawaban peserta didik baik yang benar maupun yang dianggap salah untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik. 0 1 2
12. Guru memberikan perhatian terhadap pertanyaan peserta didik dan meresponnya secara lengkap dan relevan untuk menghilangkan kebingungan pada peserta didik. 0 1 2
Total skor untuk kompetensi 6
Skor maksimum kompetensi 6 = jumlah indikator ×2
Persentase = (total skor/12 ) × 100%
Nilai untuk kompetensi 6
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)Kerjakan dan berikan kesimpulan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar