Selamat Datang

Selamat Datang
Kasih Sayang Kunci Sukses
Cindejiwiyata Selamat Datang dan bergabung pada referensi blogspot kami. Sumbangkan saran dan Bantuan yang normatif demi kemajuan kami Mohon Maaf bila ada penyimpangan dan menimbulkan kerugian pada pribadi

Selasa, 27 Maret 2012

PERLUNYA PANDUAN DALAM OBSERVASI PEMBELAJARAN

SALAH SATU CONTOH LEMBAR PANDUAN OBSERVASI PEMBELAJARAN


Oleh: Estu Tentrem, S.Pd., M.Pd



Mata Pelajaran / Topik :IPA/ Nagian dari akar-akar
Kelas/ Sekolah : IV/ SDN I MIRICINDE, PURWANTORO
Nama Pengajar : Siti Nurhayati, S.Pd


TAHAP/ ASPEK
1.KEGIATAN AWAL
Apersepsi dan motivasi
1.Mengajak siswa menyanyikan lagu yang berjudul “KEBUNKU”
2.Ya, respon siswa sangat senang dan bagus. Ya, siswa bertanya dimana kebunya, Bu ? lalu gurui mengajak ketua masing-masing kelompok melihat sepetak kebun di dekat sekolah tersebut dan membawa bermacam-macam tumbuhan untuk bahan pelajaran yang akan diajarkan pada saat itu.

2. KEGIATAN INTI
Materi Ajar : IPA
3.Jawan Ya,Apabila guru member penjelasan kepada siswa apa yang akan diajarkan saat itu, yaitu tentang akar
4.Jawan Ya,Apabila Ya, ada kaitannya di dalam pembelajaran dengan kehidupan sehari-harinya
Pengelolaan sumber ajar/ media
5.Jawan Ya,Apabila Ya, karena apa yang diajarkan semua membawa contoh-contohnya/ alat peraga misalnya padi, bayam, pohon asam dll.
6.Jawan Ya,Apabila Siswa tampak senang dengan pembelajaran tersebut karena banyak contoh-contoh yang digunakan oleh gurunya, jadi siswa tambah pengetahuan dan bertambahnya ilmu yang didapat di dalam kehidupan sehari-harinya nanti.
Strategi pembelajaran
7.Jawan Ya, karena semua materi yang ada di dalam RPP semua dapat diselesaikan, tapi di dalam mengelola wakyu kurang baik (menjelaskan, demontrasi, mengerjakan tugas)
8.Jawan Ya,Apabila Dapat, dengan bimbingan gurunya dalam pelaksanakan kegiatan pembelajaran,.
9.Jawan Ya,karena siswa diberi kesempatan maju ke depan untuk menunjukkan bagian dari “ Akar “ dan siswa yang di tunjuk ke depan rata-rata bisa.
10.Jawan Sebagian, karena waktu demontrasi sebagian anak masih bingung dengan siapa kelompoknya dan apa yang harus siswa lakukan dengan alat peraga yang ada di atas meja tersebut, 60% sampai dengan 70% siswa aktif dalam melakukan kegiatan fisik.

3. KEGIATAN PENUTUP
Penguatan/ Konsulidasi
11.Jawan Ya,Apabila Didalam penguatan, mereview tidak ada dalam pembelajaran tersebut dan dalam merangkum atau menyimpulkan saja hanya secara lisan dan siswa sudah tidak mendengarkan apa yang disampaikan oleh gurunya.
12.Jawan Ya, Guru memberikan tugas remidi dan pengayaan untuk belajar di rumah sambil belajar lagi apa yang sudah diajarkan di sekolah tadi.
Evaluasi
13.Jawan Ya,Apabila Membahas, menyimak soal bersama-sama yang dikerjakan oleh semua siswa, dengan bimbingan ibu guru.
14.Jawan Ya,Apabila 70% siswa sudah tuntas dan hasil dan baik, yamg belum tuntas diberi tugas remidi dan yang sudah baik diberi tugas pengayaan bisa dikerjakan di rumah.

KOMENTAR OBSERVER
• Keterlaksanaan sekenario pembelajaran (berdasarkan RPP)
Jawan Ya,Apabila sebagian sudah terlaksana sekanario pembelajaran yang ada di dalam RPP
•Jawan Ya,Apabila Pelajaran berharga yang dapat dipetik oleh observer
Alat peraga yang digunakan memakai LCD proyektor yang belum diketahui siswa yang menarik di dalam pembelajaran tersebut.
• Lain-lain
Kurang baik dalam menutup pelajaran kerena tidak melakukan pengukuhan dan penguatan atas hasil kerja siswa
Nah Jawab dan contoh tersebut tinggal sesuaikan dengan pengamatan secara langsung terhada audiens.

1 komentar: