Selamat Datang

Selamat Datang
Kasih Sayang Kunci Sukses
Cindejiwiyata Selamat Datang dan bergabung pada referensi blogspot kami. Sumbangkan saran dan Bantuan yang normatif demi kemajuan kami Mohon Maaf bila ada penyimpangan dan menimbulkan kerugian pada pribadi

Selasa, 19 Juli 2011

MENCIPTAKAN KEGIATAN KREATIF DAN REKREATIF

MENCIPTAKAN KEGIATAN KREATIF DAN REKREATIF.


Artikel Oleh: Kak Tis Setyaningsih,MM., M.Pd.


Salam Pramuka !
I. Pembina Kreatif :
1. Memperlengkapi proses belajar mengajar dengan memprakarsai belajar sendiri pada sebagian siswa. Prinsip yg dipandang baik dalam proses belajar mengajar dilaksanakan tetapi semuanya itu dilakukan dalam rangka menginduksi respon yang kreatif dari siswa seperti:
(a) melakukan aktivitas untuk mendorong siswa menyelidiki sendiri,
(b) melaksanakan eksperimen, dan
(c) mengambil kesimpulan sementara terhadap eksperimen yang dilakukan.
2. Menciptakan lingkungan belajar yg tidak otoriter, memberi fasilitas siswa untuk berkreasi. Jenis kebebasan yg diperlukan adalah yg berkenaan dengan psikologis, simbolik, dan kebebasan untuk mengungkapkan pengalaman yg spontan.
3. Mendorong “proses berfikir kreatif” siswa. Dia menstimulus siswa untuk mencari hubungan-hubungan yg baru antar data, mengimajinasikannya, mencari pemecahan masalah-masalah yg sedang dihadapi, membuat perkiraan-perkiraan secara tepat, menemukan ide-ide sampingan dan membentuk ide-ide baru. Mendorong siswa untuk mengungkapkan hubungan-hubungan yg tidak mungkin antar elemen-elemen, dalam rangka menemukan suatu teori yang masuk akal yg menyimpang dari yg biasa.
II. Pembina yang kreatif mengetahui sifat-sifat khas anak:
Sifat – sifat khas anak :
1. Banyak gerak, penuh semangat, suka bermain pada setiap waktu dan tempat, tidak mudah letih, cepat bosan.
2. Ingin mengetahui segala sesuatu, terfokus pada alam sekitar, segala sesuatu yang ada tercipta untuk dirinya, melepaskan sifat hidup pada benda-benda mati
3. Hidup dan berfikir untuk saat ini, bersifat responsif, peka, kuat, dan berbuah-buah, memahami dengan baik hal-hal yang material dan indrawi.
4. Setiap individu di antara anak-anak tidak sama dan tidak sejajar, bukan orang dewasa dalam bentuk kecil.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar